Warna Merah Bikin Langsing

Warna ternyata memainkan peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Tak hanya sekedar mempengaruhi suasana hati saja, warna juga dapat mempengaruhi nafsu makan.

Menurut penelitian sebelumnya, warna merah memberikan efek psikologis yang merangsang nafsu makan. Namun, penelitian terbaru justru menyatakan hal yang sebaliknya.

Penelitian yang dilakukan oleh akademisi Jerman dan Swis mengklaim bahwa makan dari piring berwarna merah justru dapat membantu menurunkan berat badan dan cocok bagi mereka yang sedang diet.
Temuan yang dipublikasikan dalam journal Appetite ini didasarkan pada penelitian terhadap 41 pelajar laki-laki yang diminta untuk minum teh dengan cangkir berwarna merah dan biru. Hasilnya, para responden yang menggunakan cangkir merah terbukti hanya meminum kurang dari 44% teh dari cangkir biru.

Begitu pula pada percobaan kedua penelitian. Sekitar 109 orang diminta makan 10 pretzel (sejenis kue kering) dalam piring berwarna merah, biru dan putih. Mereka yang makan dengan piring merah lebih sedikit menghabiskan pretzel dibandingkan warna piring lainnya.

Peneliti menemukan menyajikan makanan dalam piring merah atau minum dari gelas berwarna bisa mengurangi jumlah porsinya hingga 40 persen. Peneliti menjelaskan bahwa warna merah mendorong orang untuk menghindari porsi makanan dan cemilan, karena warna tersebut berkaitan dengan simbol akan ‘bahaya, larangan dan penghentian’.

Para peneliti juga menghimbau agar pemerintah dan industri makanan menggunakan kemasan berwarna merah untuk makanan tidak sehat sebagai bentuk pencegahan, dan bisa juga menggunakan interior warna merah di pub atau club malam untuk mencegah orang minum lebih banyak.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: