Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara terjadi karena adanya pertumbuhan sel yang tidak normal pada jaringan payudara seseorang. Bila hal ini sudah sampai stadium lanjut, proses pengangkatan payudara kadang-kadang dilakukan demi keselamatan pasien. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang menakutkan bagi seorang wanita.
Hampir semua jenis kanker mempunyai penyebab yang spesifik. Contohnya pada sebagian besar kasus kanker kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet matahari. Sedangkan pada kanker paru-paru hal ini terjadi karena rokok. Tetapi tidak ada faktor sebab tunggal yang pasti untuk kanker payudara.

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi sebab terjadinya kanker payudara. contohnya pada faktor genetika, lingkungan, serta hormone yang memiliki kemungkinan turut berperan dalam terjadinya kanker payudara. Wanita yang rentan terhadap faktor-faktor tersebut bisa jadi memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker payudara.

Salah satu cara mencegah kanker payudara adalah dengan memiliki pola makan yang sehat. Diperkirakan satu dari tiga kasus kanker payudara terjadi karena faktor pola makan. Pola makan yang baik tentu akan membantu untuk mempertahankan sistem kekebalan pada tubuh Anda dan ini juga merupakan cara mencegah penyakit yang paling ampuh. Walaupun masih belum diketahui adanya makanan yang dapat menyembuhkan kanker, tetapi dengan memakan makanan tertentu serta mengurangi makanan tertentu juga dapat sebagai tindakan pencegahan.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat, akan membantu dalam menurunkan kadar prolaktin dan estrogen, makanan kaya serat tersebut akan mengikatkan diri pada hormon-hormon ini lalu membuangnya ke luar tubuh. Ini dapat menekan fase lanjut dari karsinogenesis atau pembentukan kanker.
Selain itu, dengan mengurangi memakan makanan berlemak jenuh akan dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara. Kacang kedelai dan produk kedelai tanpa difermentasi juga dapat menghambat pertumbuhan tumor. Sayur-sayuran yang kaya vitamin A, akan mencegah pembentukan mutasi penyebab kanker. Sedangkan buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin C akan menurunkan risiko kanker payudara.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: