DIET BERDASARKAN GOLONGAN DARAH

Di antara banyak jenis diet, Blood Type Diet atau diet berdasarkan golongan darah adalah yang banyak menjadi perhatian. Apa itu dan Bagaimana penerapannya?

Pembahasan tentang diet memang selalu menarik. Pasalnya, siapa sih yang tidak mau sehat dan berat badan yang ideal?
Salah satu diet yang digenari, adalah diet berdasarkan golongan darah. Diet ini pertama kali diperkenalkan dr Peter J A’damo, neuropatis dari AS, pada 1996.
Diet ini terdengar unik, kerena menitikberatkan pada golongan darah seseorang. Namun ada alasan untuk itu, karena setiap golongan darah memiliki spesifikasi tersendiri.
Yang membedakan adalah kandungan karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah.
Golongan darah A memiliki sel darah merah dengan antigen A di permukaan membran selnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen B dalam serum darahnya.
Sementara untuk golongan darah B, memiliki antigen B pada permukaan sel darah merahnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen A dalam serum darahnya.
Lantas untuk golongan darah AB memiliki sel darah merah dengan antigen A dan B serta tidak menghasilkan antibodi terhadap antigen A maupun B. Terakhir, seseorang yang bergolongan darah O memiliki sel darah tanpa antigen, tapi memproduksi antibodi terhadap antegen A dan B.
Karena perbedaan kandungan karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah, penerimaan masing-masing golongan darah terhadap makanan juga berbeda-beda.
Ada jenis makanan bagi golongan darah satu sangat bermanfaat, tapi bagi golongan darah lain justru menjadi racun.
Karena itu, diet berdasarkan golongan darah ini bertujuan memulihkan fungsi perlindungan alami sistem kekebalan, mengeset ulang jam biologis dan membersihkan darah dari lektin.
Lektin adalah  protein yang beraneka ragam dan banyak dijumpai di dalam makanan, mempunyai faktor penggumpal yang akan memoengaruhi darah Anda.
Jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung lektin yang tidak sesuai antigen dari golongan darah, maka akan terjadi penggumpalan di daerah itu.
Namun diet ini masih menjadi perdebatan para ahli. Karena diet ini menyebabkan ketidakseimbangan bahan makanan.
Ada bahan makanan tertentu yang dilarang dikonsumsi oleh golongan darah tertentu.
Namun tidak ada salahnya mempelajari jenis diet ini, karena siapa tahu Anda tertarik untuk mempelajari dan menerapkannya.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: