5 Tindakan yang Membantu Kurangi Bau Mulut

Jakarta, Bau mulut memang cukup memalukan. Dalam istilah kedokteran gigi, bau mulut seringkali disebut sebagai halitosis. Menjaga kesehatan mulut yang baik sangat penting untuk mengurangi bau mulut. Bau mulut dapat disebabkan oleh makanan, merokok, mulut kering, kondisi medis, penyakit gusi, dan kondisi sinus.

“Jika halitosis bertahan selama lebih dari 24 jam tanpa penyebab yang jelas, maka sebaiknya hubungi dokter gigi. Hal tersebut dapat menjadi tanda penyakit gusi, masalah pencernaan, infeksi sinus, bronkitis, atau penyakit bahkan lebih serius, seperti diabetes, gagal hati, gagal ginjal dan kanker,” kata Roger P. Levin, DDS.

Berikut beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi bau mulut seperti dikutip dari MSNHealth, Minggu (22/1/2012) antara lain:

1. Mengonsumsi rempah-rempah

Beberapa rempah dan herbal lainnya dapat membantu mengurangi bau mulut. Dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung herbal dapat sekaligus mengurangi bau mulut.

2. Menyikat lidah

“Kebanyakan orang mengabaikan lidahnya, dan lebih mementingkan menyikat gigi. Padahal meyikat lidah juga tidak kalah pentingnya, karena jenis makanan yang mudah menempel sulit dibersihkan hanya dengan berkumur. Penumpukan sisa makanan berkontribusi terhadap bau mulut,” kata Dr. Eric Shapira, DDS.

3. Hindari minuman tertentu

Kopi, bir, anggur dan wiski dapat meninggalkan residu yang dapat menempel pada plak di gigi. Sehingga beberapa jenis minuman tersebut juga berkontribusi menyebabkan bau mulut. Maka sebaiknya mengonsumsi jenis minuman yang menyehatkan dan tidak menyebabkan bau mulut.

4. Menyikat gigi dengan rutin

“Beberapa bau bisa dihilangkan secara permanen atau sementara jika menyikat segera setelah makan. Penyebab utama dalam bau mulut adalah lapisan lengket yang mengandung bakteri hidup dan mati yang menempel pada gigi dan gusi. Lapisan lengket tersebut biasa disebut sebagai plak,” kata Dr. Shapira.

Jadi sikat menghilangkan plak setelah makan dan dapat mengurangi bau mulut.

5. Menggunakan larutan kumur sendiri

Beberapa herbal dapat diencerkan dengan air untuk membuat larutan kumur. Simpan obat kumur dalam stoples tertutup rapat pada suhu kamar. Sebaiknya tidak menyimpan larutan kumur yang diracik sendiri terlalu lama.

“Jika merasa kurang praktis jika harus membuat larutan kumur sendiri, maka dapat menggunakan obat kumur yang dapat dibeli di pasaran,” kata Jerry F. Taintor, DDS.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: